Sunday, October 01, 2006

Batas Akhir

Batas akhir hiiiiiii atut juga yaa.
Terkadang kita selalu diuber-uber sama yang namanya batas akhir. Apakah batas akhir selalu menakutkan atau merupakan suatu tantangan. Paling enak sich menaklukan batas akhir tetapi ada sedikit cerita nich mengenai batas akhir saking diubernya oleh batas akhir hanya karena suatu masalah kecil aja bisa menghambat kerjaan hampir 6 jam. Sementara pada kondisi normal hal kecil tersebut bisa diselesaikan dalam waktu kurang 1 menit. Cerita kebetulan lagi entri kerjaan yang recordnya lumayan banyak sekitar 800 an ech pas diproses akhir hasilnya tidak seperti yang diharapkan, sementara jam udah menunjukkan pukul 21:00 . Harapan apabila proses berjalan lancar kemungkinan pekerjaan selesai jam 21.30 terus balik ke rumah ternyata proses selalu terhenti dengan msg "Saldo Tidak Normal, Data berbeda tanggal proses" blaaaa.....blaaaa.......blaaa.

Dengan terpaksa dibongkar dech databasenya mulai dari cek normal sampe dibuka hexnya tapii nggak ketemu juga penyebab errornya sementara jam sudah pukul 00.10. Terpaksa dicari transaksi yang kemungkinan atau sering mengakibatkan selisih terus diapusin and dientri ulang, tapi semuanya tidak membuahkan hasil yang diharapkan keputusasaan sudah diufuk mata sementara jam sudah menunjukan pukul 02.15. Tiba-tiba terngiang ditelinga "Ngapain diuber, sholat dulu terus istirakhat mudah-mudahan besok ketemu penyelesaiannya". Weleh bener juga udah ampir seharian kerjaku cuma didepan komputer aja mandi nggak, makan telat, sholat lewat, istirakhat juga enggak padahal mata udah berat. Dengan keinginan hati akhirnya semuanya dilakukan terus tidur di kantor and bangun jam 11 siang besoknya, balik ke kos terus mandi, sholat, makan and balik ke kantor jam 12.45 (maklum jarak kantor dekat dengan kos).

Coba mikir apa salah semalam terus coba otak-atik pekerjaan semalam " echh terbersit coba kamu convert databasenya ke aplikasi lain and bandingin jumlah recordnya sama nggak dengan yang diinput?" echhh bener juga yaa dan akhirnya ternyata kesalahannya bukan dari tempat biasa yang salah tetapi ada 1 record berupa kas yang nggak mengupdate walaupun dalam listing ada.

Gerakan cepat dilaksanakan 1 record diapus terus dientry and proses tunggu 15 detik selesai dengan suksesss......... Alhamdulillah. Terkadang kita lupa dan selalu menyepelekan hal-hal yang kecil ternyata dari yang kecil bisa mengakibatkan tertundanya kerjaan lebih dari 6 jam.

No comments: