Tuesday, October 17, 2006

Ngeblok Man

Wuichh aye jadi orang yang telat ikut-ikutan ngeblok, emang dulu sich pernah buat sekitar tahun 90 an but karena udah lama jadi lupa dimana pernah buatnya dan itu masih sederhana banget. Ikut buat blog karena dirayu-rayu sampe-sampe udah dibuatin tinggal nambahin aja but akhirnya ngikut juga tapi buat sendiri. udah sekitar 2 bulan ini saban sesudah ngabsen pagi buka blog ama berita terus "keliling-keling" ngeliat blog hasil karya orang lain. Dari sekian banyak blog ada 2 blog yang aku paling rutin buka yaitu punya budhi (isinya bagus and designya ok), liza (isinya ok banget bagi gue yang demen makan) and terakhir punya oggix. Yang terakhir udah ngasih shoutbox made in Indonesia hasil besutannya untuk digunain orang-orang.

Emang rada sulit bagi orang yang kayak gue untuk desain ama ngotak-ngatik template atau nuangin ide-ide yang bisa bikin orang pada demen mampir sembari ngasih acung jempol or sekadar nampang doank. Bahkan biar dibilang ama orang blog nya sering dikunjungi ama tamu sampe tega-teganya counternya diset bukan dari NOL (heheheh namanya usaha) atau comot sana comot sini dari blog orang baik yang gratisan or udah "minta izin" sama pemilik nya.

Sejak 2 bulan ngikut ngeblog lama-lama aku berfikir "gimana sich bikin blog jadi oke sementara aku ini "goblok" banget dalam ngotak-ngatik web ?". Dari sekian banyak blog yang aku liat akhirnya ada beberapa jalan buat ngebuat blog kita "agak" oke misalnya :
  • Untuk apa sich blog yang buat?, tentuin dulu mau diisi apa blog yang kita buat nantinya apa untuk tempat curhat, apa untuk tempat nampungin berita atau informasi, atau cuma tempat sekadar kumpul sama teman.
  • Kebiasan tulisan yang kita buat typenya banyak or sedikit, kalau banyak biasakan pakai link biar halaman muka nggak habis kemakan tapi kalo sedikit yaa nggak perlu pakai link (kalo pake link takutnya cuma judul aje yang ada hehehe)
  • Selektif dalam mengisi halaman blog dengan "accesories perias" misalnya counter, shoutbox, gambar, backsound karena semakin banyak digunain semakin lama halaman blog mu di buka bisa-bisa untuk buka halaman blog mu bisa disambi makan, minum, sholat terus tidur selama 2 jam.
  • Pilih template yang oke menurutmu dengan tampilan warna yang tidak terlalu menyolok (yang bener mencolok or menyolok) sehingga mengundang orang betah baca-baca di blogmu
  • Jika kamu termasuk orang suka comot-comot berita or "accesories perias" lebih bagus minta izin dulu dari si punya dan berusahalah untuk menampilkan darimana sumber kamu peroleh itu "barang", jangan pernah merasa itu kamu pemilik dari karya itu. Walaupun hal tersebut gratis bukan berarti semuanya dicomot tanpa izin hargai hasil kerja orang lain.
  • Balaslah sapa dan salam orang lain yang telah bertamu ke blog mu atau kalau perlu bertamu balik ke blog mereka. Apabila kamu nggak bisa nongol di blog mu dalam waktu yang agak lama informasikan hal tersebut di blok mu sehingga tidak terkesan kamu mencuekkan penggemar mu dan berikan alamat yang jelas untuk menghubungimu seperti alamat email.
  • apaa lagii yaaa hmmmmmmmm, dasar nggak jago nulis jadi rada bingung entar lagi ach nyambunganya.
catatan : yang semua aku tulis hasil pemikiran sendiri dan baca dari blog punya orang lain kalau blog ku belum mencerminkan apa yang kutulis itu semata-mata karena aku malas dan tulisan ini emang paling utama untuk diriku sendiri hehehehe.

1 comment:

NurhayATI said...

Tengkyu u/ kunjungannya :)
Btw Shout Boxnya di Repair dunk
biar enak ngobrol